PARTNER

Saran dan Masukan - Bayangkan jika dari Padang, sedang kuliah di Bandung untuk Pembuatan SIM

sebelumnya
Bayangkan jika saudara dari Padang, sedang kuliah di Bandung, hanya karena ingin membuat SIM saja harus sengaja pulang ke Padang, berapa ongkos dan waktu yang diperlukan untuk pulang pergi, belum resiko tidak lulus saat proses SIM di sana, karena aturan dari pihak kepolisian, jika tidak lulus, harus mengulang dan mengulang nya pun harus dilakukan 1 minggu kemudian.... hmmm jadi kasihan. Makanya beberapa dari teman-teman saudara yang mengalami nasib seperti tersebut di atas pernah mengatakan, “Berapa biaya yang diminta, kami mau bayar, yang penting tidak harus repot-repot pulang ke Padang” 

Itu contoh kasus saja, ada kasus lain yang KTP nya Kotamadya Bandung, merantau di luar Bandung, kasusnya sama, jauh-jauh pulang ke Bandung hanya untuk mengurus SIM, tapi karena butuh dalam waktu cepat, jadi terpaksa datang ke Bandung, sampai meminta Izin dari kampus / tempat kerja. 

Saran dan Masukan

Nah... dari penjelasan kasus diatas, kami kalau boleh menyumbang saran dan masukan, seharusnya pihak kepolisian tidak terlalu kaku dalam mengatur pembuatan SIM, tidak perlu harus sesuai dengan alamat KTP, jadi orang yang KTP nya Kotamadya Bandung, bisa membuat SIM di Jakarta atau sebaliknya. Toh pada prakteknya langsung, SIM berlaku Nasional, bisa dipakai di seluruh wilayah Indonesia. Mau diterbitkan di mana saja bisa. Masalah penerimaan (rupiah) dari biaya pembuatan SIM, bukankah secara terinci bisa dibuatkan rekap data dan dilakukan pemindahbukuan ? (kalau ambil gampangnya)

Jadi misalnya, jika ada pemilik KTP Kotamadya Bandung membuat SIM di Jakarta, biaya pembuatan SIM yang seharusnya menjadi Pendapatan Asli Daerah Kotamadya Bandung, bisa dilakukan pemindah-bukukan dari Kota Jakarta ke Kotamadya Bandung, itu hanya teknis saja dan tentunya bisa dibuatkan aplikasi komputernya karena orang Indonesia kan sudah banyak yang jago komputernya. 

Jika saja bisa seperti itu, tentu tingkat kepuasan masyarakat akan tinggi dan tentunya bisa menyenangkan bagi semua pihak. Semoga saja saran dan masukan ini bisa didengar oleh para pembuat kebijakan di negeri ini. Aamiiiin.

Artikel Terkait :
1. Biro Jasa Bandung
2. Tanya Jawab Seputar Pembuatan SIM

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Hubungi
Irfan Bambang Saputra
Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal Bandung 40275
0819 1007 1133
0896 77 301 311
085 224 300 192



email : irfan.bambang@gmail.com
facebook fanpage :
Mega Biro Jasa Bandung

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Saran dan Masukan - Bayangkan jika dari Padang, sedang kuliah di Bandung untuk Pembuatan SIM"

Post a Comment