PARTNER

Tanya Jawab Seputar Mutasi Kendaraan

Beberapa pertanyaan yang sering muncul dari Klien kami Mega-Biro Jasa seputar pengurusan Mutasi Kendaraan, diantaranya :

mega-birojasa-Mutasi Kendaraan


1.
Apakah jika kita akan melakukan mutasi kendaraan bermotor, masih terdapat hutang pajak di kantor samsat sebelumnya akan ditagihkan ?

Jawaban :
Semua hutang pajak yang ada di kantor samsat sebelumnya akan ditagih oleh pihak samsat, istilah yang biasa dipakai adalah "fiskal", semua hutang pajak yaitu terdiri dari Pokok PKB dan SWDKLLJ beserta sanksi keterlambatannya akan ditagih.
Namun perlakuan kantor samsat berbeda saat penagihan fiskal tersebut ditagihkan ke pemohon yaitu sebagai berikut :

  • Samsat menagih fiskal di muka saat daftar mutasi dimasukkan ke samsat, ini diberlakukan oleh samsat DKI Jakarta, Jawa Tengah, Riau, Kalimantan dll
  • Samsat menagih fiskal di akhir, yaitu saat cabut berkas telah selesai di proses samsat, ini diberlakukan oleh samsat Jawa Barat, Banten, Lampung dll




2.
Apakah Mega-Biro Jasa bisa melayani khusus untuk cabut berkas saja ? Kebetulan saya tinggal di daerah Sumedang (alamat KTP Sumedang), saya mau mutasi kendaraan dari Kota Jakarta ke Sumedang. Jadi nanti saya sendiri yang akan mengurus pendaftaran berkas di Sumedang.

Jawaban :
Bisa kita layani jika ingin memanfaatkan Mega-Biro Jasa untuk hanya mencabut berkas saja dari Jakarta, biayanya adalah Rp1.100.000.


3.
Kapankah saat yang tepat untuk melakukan mutasi kendaraan bermotor supaya tidak ada sanksi pada keterlambatan pembayaran ?

Jawaban :
Mutasi Kendaraan hendaknya dilakukan paling lambat 1,5 bulan sebelum jatuh tempo masa berlaku pajak kendaraan bermotor. Hal ini disebabkan oleh waktu yang diperlukan untuk cabut berkas di samsat terdahulu sekitar + 1 bulan, dan pendaftaran di kantor samsat yang dituju sekitar + 1 minggu. Kalau pengurusan mutasi dilakukan 1 bulan sebelum jatuh tempo, maka masa berlaku pajak nya akan terlewati, sehingga ketika akan melakukan pendaftaran di samsat sebelumnya, atau pendaftaran di samsat yang dituju, kemungkinan besar akan kena denda keterlambatan. Apalagi kalo pengurusannya baru dimulai 1 (satu) minggu sebelum masa berlaku pajak tahunannya berakhir....



4.
Apakah Mutasi kendaraan bermotor akan menyebabkan Plat Nomor Kendaraan kami akan berubah ?

Jawaban :
Untuk mutasi kendaraan di dalam wilayah sekitar kotamadya bandung, maka tidak akan menyebabkan nomor kendaraan berubah. Sedangkan untuk 4 wilayah lain yaitu : Samsat Soreang,  Cimahi, Kabupaten Bandung Barat (Padalarang), dan Rancaekek, prosese mutasi akan menyebabkan perubahan pada Plat Nomor Kendaraan karena masing-masing samsat tersebut "Kode Digit Huruf di belakang Angka" nya yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut:

Samsat Daerah Cimahi plat nomor nya adalah :              D xxxx Sxx     ( Huruf   S, T, U )
Samsat Daerah Rancaekek plat nomor nya adalah :        D xxxx Vxx     atau D xxxx Wxx

Samsat Daerah Padalarang plat nomor nya adalah :        D xxxx Xxx     atau D xxxx Yxx 
Samsat Daerah Soreang plat nomor nya adalah :             D xxxx Zxx

5.
Saya mau mengurus mutasi kendaraan bermotor, alamat saya di daerah Bandung Timur, sementara alamat pemilik kendaraan yang akan saya balik nama ada di daerah Bandung Tengah. Apakah termasuk mutasi atau balik nama saja mengingat masih dalam satu kota Bandung?

Jawaban :
Kasus tersebut masuk dalam kriteria mutasi dan balik nama sehingga pemohon akan dikenai biaya mutasi + biaya balik nama. Jadi pada proses tersebut, pemohon akan mencabut berkas di kantor samsat Bandung Tengah, kemudian memasukkan datanya ke kantor samsat Bandung timur untuk dilakukan balik nama.

6.
Kami mau melakukan mutasi kendaraan dari Kota Jakarta ke Bandung, tepatnya di daerah Arcamanik ( Kotamadya Bandung, daerah Bandung Timur), sementara ada pajak tahunan yang belum dibayar 2 tahun berturut-turut, dimanakah pajak yang masih belum dibayar tersebut ditagihkan oleh samsat ?

Jawaban :
Pajak yang belum dibayar akan ditagihkan di samsat Jakarta. Proses ini dikenal dengan istilah Fiskal, atau tepatnya Surat Keterangan Fiskal, dimana dalam surat tersebut akan tertera rincian jumlah pajak yang belum dibayarkan sampai dengan proses pendaftaran Mutasi Keluar di loket kantor samsat Jakarta. Jumlah tersebut harus dibayar sebagai syarat kelengkapan proses cabut berkas.

Artikel Terkait lainnya:
1. GALERI MUTASI DAN BALIK NAMA KENDARAAN
2. Bagaimana cara memutasikan kendaraan dan apa saja persyaratannya

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Hubungi
Irfan Bambang Saputra
0819 1007 1133
0896 77 301 311
085 224 300 192

email : irfan.bambang@gmail.com
facebook fanpage :
Mega Biro Jasa Bandung

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Tanya Jawab Seputar Mutasi Kendaraan"

  1. Slamat sore pak..
    Saya cabut berkas surat mutasi mobil agustus 2017 dari samsat bandung untuk tujuan medan. Ini baru mau daftar mutasi ke samsat medan. Apakah surat mutasi kendaraan tersebut masih bisa dipergunakan pak?? Trimakasih

    ReplyDelete
  2. Slamat sore pak..
    Saya cabut berkas surat mutasi mobil agustus 2017 dari samsat bandung untuk tujuan medan. Ini baru mau daftar mutasi ke samsat medan. Apakah surat mutasi kendaraan tersebut masih bisa dipergunakan pak?? Trimakasih

    ReplyDelete